03 November, 2008

Catatan Rapat Pleno DPP Partai SIRA

Post oleh : SAIFUDDIN | Rilis : 2:54 AM | Series :

Catatan Rapat Pleno DPP Partai SIRA

Hari/Tanggal : Rabu, 29 Oktober 2008

Pukul : 14.30 – 18.00

Tempat : Kantor DPP Partai SIRA

Agenda : - Finalisasi Program Kerja DPP Partai SIRA

- Sosialisasi Draft Balee SIRA

Dalam rangka finalisasi program kerja DPP Partai SIRA, diawali pembukaan rapat oleh Ketum DPP dilanjutkan presentasi rencana program kerja masing-masing, berturut-turut bidang konsolidasi, bidang pemerintahan dan pembangunan, bidang internal, bidang eksternal dan terahir bidang keuangan dan asset.

Paparan rencana kerja bidang konsolidasi masih belum sempurna , karna belum dalam bentuk time schedule.diharapkan dalam 2 hari ini telah selesai dalam format time schedule. Untuk bidang konsolidasi sebenarnya mesti fokus pada 3 hal pokok konsolidasi , meliputi hardware (struktur KPW, KPK dan KPG), software (aturan dan kebijakan partai) dan brainware (kepengurusan partai, baik pemenuhan kuantitas dan kualitas). Khusus untuk peningkatan kualitas pengurus dapat bekerja sama dengan bidang internal.

Bidang pemerintahan dan pembangunan dititik beratkan pada mendorong kebijakan pemerintahan yang memihak rakyat Aceh melalui seminar, workshop dan advokasi. Time schedule sudah memadai, namun di kolom waktu pelaksanaan belum lengkap.

Untuk bidang internal, sudah bagus dalam paparannya, namum ada beberapa tambahan terutama penyusunan modul dan secara khusus modul pendidikan politik dan kaderisasi tersebut akan ditry out dulu. Untup tahap awal Masa Orientasi Partai dan Sekolah Politik I, penyelenggaraannya dalam satu paket.

Bidang Eksternal, telah memadai presentasinya, namun rencana kerjanya detail per departemen. Secara khusus bidang eksternal menjelang pemilu 2009 lebih diprioritaskan pada 2 hal , pertama, penguatan jaringan kerja politik meliputi pemuda, perempuan, mahasiswa, pelajar slta, guru, buruh, petani, nelayan, santri, ngo/ormas dan media. Kedua, image building (brand). Untuk image building jika tersedia dana memadai sebaiknya mengadakan kontrak konsultan politik. Alternatifnya dengan membentuk unit kerja khusus bernama Gudang Idekreatif yang bertugas mengumpulkan masukan ide berupa kata dan gambar berkenaan dengan kampanye pemenangan pemilu 2009 oleh Partai SIRA. Selanjutnya ide tersebut diklasifikasikan dan didesain ulang oleh tim gudang idekreatif . Baru kemudian tim produksi yang akan mencetak berbagai bentuk desain media kampanye dalam bentuk visual, audio dan audio-visual.Yang bertangggung jawabmengelola gudang idekreatif dimandatkan saudara Imam Juaini (koodinator) dan saudara Davi Abda

Terakhir Bidang Keuangan dan Aset, yang menjelaskan sumber kekayaan partai sesuai ad/art partai sira dan peraturan perundang-undangan kemudian dilanjutkan dengan paparan rencana kerja dan diakhiri dengan paparan draft mekanisme pencairan dana dpp partai sira. Sebenarnya bidang ini lebih fokus pada strategi penggalangan dana, pengelolaan dana (sop dan draft pedoman keuangan dan asset), pelaporan dana (dana rutin dan dana kampanye) serta inventarisasi asset partai.Untuk penggalangan dana dari anggota, diupayakan uang pangkal dan iuran anggota akan berlaku efektif mulai Januari 2008.

Untuk presentasi rencana kerja bidang konsolidasi oleh Tgk. Hamzah, bidang pemerintahan oleh tgk, banta, bidang internal oleh tgk. Affan, bidang eksternal oleh tgk. Sumadi dan bidang keuangan dan asset oleh tgk. Faurizal

Rapat lanjutan tentang Balee SIRA akan dibahas lebih lanjut pada hari Sabtu, 1 November 2008 di Ktr DPP Partai SIRA pukul 09.30 – 17.30 dengan agenda : penyusunan strategi kampanye, penyusunan tahapan kerja kampanye dan struktur kampanye final (organisasi dan manajemen kampanye).

Oh ya, ada usulan menyikapi 1 tahun Partai SIRA (10 Desember 2007 – 10 Dsember 2008) perlu dilaksanakan berbagai kegiatan. Secara detail akan dibahas lebih lenajut pada kesempatan pertemuan lain atau yang diadakan khusus untuk itu. Ada ide ? Untuk sementara panitia kecil dibentuk untuk persiapan lebih lanjut dengan ketua : T. Banta Syahrizal, Sekretaris : Syahbani Fahlevi dan Bendahara : Murzammill…

Catatan Tambahan :

Kami berharap semua penanggung jawan bidang untuk menyempurnakan time schedule masing-masing rencana kerja dan kemudian segera didistribusikan/disosialisasikan via email pengurus harian .

Trims atas kerjasama yang baik untuk kita semua….

Saleum,


Taufik Abda

google+

linkedin